Saat ini mungkin kamu sedang labil menentukan pilihan TV buat menemani konsol terbaru kamu, entah itu Playstation 4 atau Xbox One. Buat kamu yang tidak paham tentang persoalan teknologi yang ada pada TV, ini bisa jadi masalah yang cukup memusingkan, apalagi kamu tidak ingin menjatuhkan pilihan yang salah.

TV Samsung buat gaming

Banyak hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum membeli TV Gaming. Untuk itu, dalam artikel kali ini, kami akan coba membantu dalam memberikan sedikit pencerahan, sehingga kamu tidak salah dalam membeli TV untuk Playstation 4 mu atau Xbox One X.

Pada dasarnya, kamu harus ketahui bahwa sangat jarang produsen TV merilis sebuah produk yang fokus hanya pada satu segmen, dalam hal ini gaming. Pasalnya, TV memiliki fungsi yang lebih luas dalam menyajikan pengalaman hiburan, sehingga kerap produsen TV menghadirkan Televisi dengan bahasa marketing yang lebih general dengan label Entertainment.

Cari TV Dengan Input Lag Rendah

TV dari berbagai brand dengan harga yang sama bisa jadi memiliki performa yang berbeda saat memainkan game. Perbedaan performa mungkin tidak terlalu terlihat saat kamu menonton sebuah film, tapi akan sangat terasa saat kamu bermain game-game berjenis Fighthing, Shooter, dan beragam game kompleks dengan pergerakan environment yang dinamis dan cepat. Untuk itu, kamu sangat perlu meneliti input lag dari TV itu sendiri.

Biasanya, standard input lag TV untuk bermain game berada di bawah 30ms. Namun semakin rendah input lag, semakin baik untuk kamu bermain game, karena action yang kamu lakukan bisa dengan cepat di proses dan ditampilkan di layar TV kamu.

Sejumlah TV dengan low input lag antara lain:

Perhatikan Refresh Rate

Selain input lag, kamu juga wajib mengetahui refresh rate dari TV yang ingin kamu beli. Apa itu refresh rate? merupakan waktu / seberapa sering TV kalian refresh gambar per frame-nya. Semakin tinggi refresh rate, semakin lancar gambar yang tampil pada lahar TV kalian (tidak patah-patah atau stuttering.

Televisi yang ada saat ini di pasaran kebanyakan sudah mendukung 50Hz refresh rate. Artinya, 50 frame / gambar per detiknya. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, sebaiknya kamu mencari TV yang mampu mendukung 60Hz refresh rate.

LED atau OLED

TV OLED saat ini mungkin sudah bukan barang baru lagi. Hanya saja, harga dari TV OLED terbilang masih sangat mahal jika dibandingkan dengan TV LED. TV OLED sejujurnya dapat memberikan pengalaman entertainment yang sangat baik dengan kontras warna detil, serta ukuran lebih tipis karena tidak membutuhkan backlit. Untuk yang satu ini, tergantung dari pilihan masing-masing, jika budget kamu pas-pasan, mungkin bisa memilih TV LED saja.

Ultra HD (4K)

Konsol game terbaru saat ini seperti Playstation 4 Pro dan Xbox One X sudah mendukung resolusi 4K. Resolusi di atas 1080p full HD ini bakal memanjakan mata kamu dengan gambar yang betul-betul detil dan tajam. Hanya saja, kamu perlu ingat, bahwa semakin tinggi resolusi, berarti gambar yang di proses juga semakin besar. Untuk itu, pastikan input lag dari TV 4K yang kamu pilih di bawah angka 25ms.

Dukungan 4K (ultra HD) sebenarnya bukan menjadi suatu keharusan, namun lebih ke preferensi masing-masing orang. Perlu kamu ketahui, bahwa harga TV 4K saat ini masih tergolong mahal. Jika kamu memiliki budget lebih, mungkin kamu bisa memilih TV 4K untuk menemani konsol gaming kamu. Namun jika kamu merasa cukup dengan TV yang mendukung resolusi 1080p, kamu bisa menghemat lebih banyak dan tetap bisa menikmati pengalaman bermain game yang sudah lebih dari cukup.