Sedang mencari laptop berteknologi canggih namun tidak boros dari sisi ukuran dan berat? Well, ultrabook bisa jadi pilihan tepat untuk kamu. Sebelum kami memberikan daftar ultrabook terbaik tahun 2018, ada baiknya kita pahami dulu apa yang membedakan ultrabook dengan laptop biasa.

Istilah ultrabook sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh Intel. Hanya saja, dengan berjalannya waktu, banyak manufaktur yang kemudian memproduksi perangkat sejenis dan menggunakan istilah yang sama. Pada dasarnya, Ultrabook memiliki ciri yang lebih tipis, ringan, dan performa di atas rata-rata. Ultrabook juga sudah dilengkapi solid state drives (ssd) sehingga performa laptop tipis ini menjadi lebih cepat. Gampangnya, mungkin kamu bisa memahami ultrabook ini sebagai gabungan antara notebook dan netbook, namun dengan kemampuan luar biasa.

Nah, berbeda dengan Ultrabook, laptop biasanya memiliki ciri yang lebih besar, tebal, dan berat. Kalau ultrabook harga terendahnya bisa belasan juta, laptop biasa lebih bervariasi. Kamu bisa menemukan laptop dengan spesifikasi cukup rendah sehingga ringan di dompet, namun juga bisa menemukan laptop dengan spesifikasi dewa yang dibandrol harga fantastis.

Dari penjelasan di atas, kira-kira sudah ada bayangan yah, apa perbedaan antara laptop biasa dan ultrabook.

Dell New XPS 15

Ultrabook Dell New XPS 15 diklaim sebagai ultrabook pertama di dunia yang menghadirkan teknologi InfinityEdge display. Berkat teknologi ini, ukuran layar yang ditawarkan tampak lebih besar dengan bezel tipis pada setiap sisinya. New XPS 15 dikemas portable dengan ukuran layar 15.6 inch, berat 1.8KG, serta dilengkapi solid state drive (SSD) 1TB. Resolusi layar pada ultrabook ini mendukung full HD hingga 4K loh plus udah touch screen juga.

ultrabook dell xps 15

Melihat lebih dalam pada spesifikasi ultrabook ini, Dell New XPS 15 dipersenjatai processor generasi ke-8 Intel Core i7-8750H dan sebuah grafis card NVIDIA GeForce GTX 1050Ti (4GB DDR5). New XPS 15 ini juga mendukung hingga 32GB RAM DDR4.

Dengan segal fitur dan spesifikasi yang ditawarkannya, ultrabook stylish yang dibandrol mulai dari $999 ini bisa jadi perangkat tepat untuk menemai kamu bekerja atau menikmati multimedia. Untuk detil New XPS 15 kamu bisa lihat di official websitenya.

Lenovo Yoga 920

Ultrabook Lenovo Yoga 920 merupakan laptop hyrid yang cukup sempurna. Laptop tipis ini memiliki daya tahan baterai yang baik, desain menawan serta kualitas dan performa di atas rata-rata. Tidak hanya berperan sebagai laptop, Yoga 920 ini juga bisa kamu gunakan sebagai tablet loh. Beratnya hanya 1.37KG saja. Tidak kalah dengan New XPS 15 milik Dell, Lenovo Yoga 920 juga menghadirkan bezel yang tipis pada desain layar 13.9-inch yang dimilikinya. Ultrabook ini sudah mendukung resolusi full HD dan juga 4K.

ultrabook lenovo yoga 920 2018

Untuk spesifikasi, Lenovo Yoga 920 hadir dengan processor generasi ke-8 Intel Core i7-8550U, Intel UHD Graphic 620, up to 16GB RAM DDR4, 1TB SSD, daya tahan baterai hingga 10 jam.

Yoga 920 ini dibandrol dengan harga mulai dari $1.049 atau sekitar 15jutaan (official website).

HP Spectre x360

Mau tau Ultrabook dengan daya tahan baterai terlama di kelas Quad-Core? Perkenalkan, HP Spectre x360. Ultrabook ini hadir dengan dua varian ukuran, 15-inch dan 13-inch. Kali ini kita fokus pada ukuran 13-inch nya aja ya.

HP Spectre x360

Mirip seperti 2 Ultrabook yang sudah kita bahas di atas, HP Spectre x360 juga dilengkapi dengan processor generasi ke-8 intel core i7-8550U, Intel Graphics 620, media penyimpanan hingga 1TB serta 16GB RAM. Resolusi display pada HP Spectre x360 juga sudah mendukung 4K loh.

Beberapa fitur dan teknologi menarik yang dihadirkan pada HP Spectre x360 antara lain, corning gorilla glass pada layar sehingga mengurangi goresan, daya tahan baterai hingga 16 jam, fast charging, dan teknologi advanced thermals yang dapat menjaga temperatur laptop kamu tetap dingin.

Untuk harga, HP Sepctre x360 dibandrol mulai dari $1.219 (official website).

Asus ZenBook 3 Deluxe

Ultrabook selanjutnya yang bisa kamu lirik adalah Asus ZenBook 3 Deluxe Ultraportable Laptop. Kamu yang menyukai design dari MacBook mungkin akan merasa familiar ketika melihat desain premium dari ZenBook 3.

asus zenbook 3 deluxe

Asus ZenBook 3 Deluxe memiliki ukuran layar 14-inch full HD dan dibalut dengan Corning Gorilla Glass 5 guna meningkatkan durability nya dari goresan. Ultrabook ini juga menggunakan processor generasi ke-8 Intel yakni i7-8550U 1.7GHz yang dapat di optimasi hingga 4.0GHz. Selain itu, guna meningkatkan performa dari ZenBook 3, Asus memberikan 16GB RAM, 512GB SSD dan Intel HD Graphics 620 untuk memberikan hasil grafis menawan. Ultrabook ini kabarnya dapat bertahan hingga 9 jam waktu pemakaian.
Berapa harga dari Asus ZenBook 3 Deluxe? Kamu yang tertarik, wajib menyiapkan budget $1.299.

Microsoft Surface Book 2

Ultrabook yang satu ini masuk ke dalam kategori laptop 2-in-1. Artinya, tidak hanya dapat berfungsi sebagai laptop, Surface Book 2 ini juga bisa digunakan sebagai tablet, mirip dengan Lenovo Yoga 920. Laptop tipis yang satu ini menawarkan kombinasi fitur, desain, dan performa yang menakjubkan.

microsoft surface book 2
Spesifikasi pada perangkat ini terbilang cukup komplit. Sebut saja processor generasi ke 8 intel core i7, 16GB RAM, 1 TB SSD, dan tambahan grafis card NVIDIA GTX 1060 6GB. Apapun kebutuhanmu, sekedar bekerja, main game, maupun edit multimedia bisa dengan mudah di kerjakan oleh Surface Book 2.

Microsoft Surface Book 2 di bandrol dengan harga mulai dari $1,336.